Manfaat Wheatgrass atau Rumput Gandum Bagi Kucing



Kalo di video sebelumnya masalah kucing makan rumput sudah dibahas, di video kali ini aku akan ngebahas khusus tentang wheat grass atau rumput gandum untuk kucing. Apa keistimewaan rumput gandum untuk kucing? Simak terus videonya sampai akhir.

sebelum itu,  yuk support chanel ini dengan subscribe dan hidupkan notifikasinya supaya kamu ga ketinggalan video seru lainnya. like dan share kalo suka sama videonya.
Apa itu Wheat grass? Dilansir dari thehappycatsite.com, Wheat grass atau rumput gandum sesuai namanya berkaitan dengan gandum. Dalam keadaan mentah alaminya, rumput gandum adalah rumput kering yang tebal. Rumput gandum liar tumbuh cepat dan akan matang dalam waktu sedikitnya 10 hari. Rumput yang biasa kita temui di toko atau petshop itu dipanen ketika masih sangat muda. Rumput gandum juga dibudidayakan sebagai rumput untuk ternak, dan satwa liar lain seperti rusa juga senang mengkonsumsinya.

Wheatgrass juga sering disebut sebagai “green blood” untuk kandungan klorofilnya yang tinggi. tetapi julukan itu sebenarnya mengacu pada sel-sel tanaman tersebut yang bentuknya mirip dengan sel-sel darah merah tubuh manusia.

Rumput gandum pada awalnya dibudidayakan oleh ahli kimia bernama Charles F.Schnabel. Tujuan awalnya adalah untuk menyelematkan hidup ayam. Schnabel menyelamatkan sekawanan ayam yang sakit dan mulai memberi mereka rumput segar termasuk rumput gandum yang segar. Ayam-ayam tersebut pulih dan menghasilkan panenan telur yang besar. Kemudian Schnabel mulai memberi rumput gandum itu untuk dikonsumsi keluarganya sehingga lahirlah pergerakan nutrisi baru.
Dilansir dari vivipet.com, rumput gandum berisi banyak mikronutrien berguna seperti klorofil, antioksidan, vitamin a, b-kompleks, C, E dan K, beberapa mineral dan satu set lengkap acid7. Singkatnya, unsure hara berdaun yang kuat ini diketahui menyediakan beberapa manfaat seperti berikut ini

1. klorofil yang juga dikenal sebagai cairan cahaya matahari adalah pigmen hijau yang bertindak sebagai daya hidup tanaman dan dihasilkan melalui cahaya matahari. Menjadi pedorong darah alami, klorofil akan membantu kesehatan kucing dengan memungkinkan tubuhnya menghasilkan darah yang lebih kuat dan menyingkirkan racun yang mengakibatkan bau tidak sedap. Pada kucing lebih tua, klorofil telah terbukti memperlambat proses penuaan. Mengandung sampai 70% klorofil, rumput gandum merupakan produk untuk kucing yang baik
2. antioksidan menetralkan radikal bebas sebelum mereka dapat membahayakan kesehatan kucingmu. Radikal bebas menyebabkan kerusakan dalam bentuk stress oksidatif,  dan stress oksidatif secara langsung terhubung dengan penuaan
3. vitamin A sangat penting untuk penglihatan malam kucingmu, pemeliharaan jaringan mukosa yang lembut, dan pertumbuhan normal.
4. vitamin B-complex penting untuk kesehatan sistem saraf
5. vitamin C penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Untuk sinergi dengan vitamin E, ia berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Ini juga membantu asimilasi mineral penting.
6. vitamin E adalah antioksidan yang paling ampuh untuk mengatasi lemak
7. Vitamin K sangat penting untuk mengatur proses pembekuan darah dan mengaktifkan beberapa faktor pembekuan. Ini juga penting untuk berfungsi dengan baiknya ginjal dan metabolism tulang.

Secara umum, rumput gandum meningkatkan kesehatan kucingmu dan bermanfaat bagi :  
  • Penurunan berat badan atau diet, mengurangi nafsu makan kucing dengan mematikan appestat pada otak
  • Meningkatkan hormone kesuburan karena kaya akan magnesium, yang menghasilkan enzim yang sangat penting untuk hormone seks yang mengikat dan menyembuhkan, rumput gandum merupakan tambahan penting bagi kucing dan kucing hamil
  • Sambil mengeluarkan bola rambut dan bulu, ini bertindak sebagai pencahar dengan meningkatkan pergerakan usus dan meningkatkan serat nabati yang berharga, rumput gandum menunjang pencernaan yang sehat dan turut mengendalikan serta menyingkirkan bola rambut yang berbahaya. Selain itu, makan terlalu banyak rumput gandum dapat menyebabkan muntah. Sewaktu memuntahkan rumput, kucing juga memuntahkan produk-produk yang tidak dapat dicerna, termasuk bola bulu.
  • Dapat melembabkan kulit. Masalah pada perut seringkali menyebabkan kulit kering dan terkelupas. Dengan menyingkirkan bakteri yang buruk sewaktu membantu bakteri yang baik pada lambung bertumbuh subur, rumput gandum mebuat kulit lembut dan lembab.
  • Menghilangkan rasa sakit musculoskeletal dengan memulihkan tulang dan jaringan otot, serta bertindak sebagai tonik saraf, khususnya pada kucing yang lebih tua.
  • Menyingkirkan unsure-unsur yang berpotensi membahayakan seperti flourida dan logam berat dengan mengikat mereka
  • Meningkatkan kesehatan gigi. Rumput gandum kaya akan senyawa yang dapat tidak hanya menyembuhkan, tetapi juga mencegah kerusakan gigi dan akhirnya hilangnya gigi.
Menurut banyak sekali sumber, rumput gandum ini tidak hanya bermanfaat bagi kucing tapi juga manusia, loh. 

Nah, sobat Momo saat ini aku lagi coba menanam rumput gandum sendiri nanti kalau sudah ada hasilnya, aku akan bikinin video tentang cara menanam rumput gandum sendiri dari awal sampai akhir okay?. Btw udah ada yang kasih rumput gandum ini ke kucing kalian? Gimana reaksinya dan apa manfaat yang kalian bisa liat?. Komen di kolom komentar ya. Sampai di sini dulu video kita kali ini, kita ketemu di video selanjutnya. Bye.

Comments