Pentingnya Bermain untuk Kucing



Sobat Momo suka main sama kucing? Kucing juga suka banget bermain loh. Tapi apa sih manfaat bermain pada kucing? Apa kucing dewasa masih butuh main? Terus mainan kucing itu yang seperti apa? Apa harus yang mahal?. Simak terus video kali ini karena semua jawabannya ada di sini.
sebelumnya,  yuk support chanel ini dengan subscribe dan hidupkan notifikasinya supaya kamu ga ketinggalan video seru lainnya. like dan share kalo suka sama videonya. 

Manfaat bermain pada kucing tentunya banyak sekali. Untuk anak kucing, bermain berguna untuk mengembangkan kemampuan koordinasi, sosial dan komunikasi. Bermain tentunya akan memuaskan insting alami kucing. Di alam bebas, aksi yang kita nilai sebagai bermain itu sebenarnya penting untuk bertahan hidup seperti mengikuti, mengejar dan menangkap buruan. Bermain juga akan membantu kucing kita tetap sehat dan bahagia. Bermain memungkinkan kucing untuk berolahraga atau berlatih, khususnya bagi kucing rumahan. Bermain secara rutin dapat membantu kucing kita tetap aktif dan menjaga berat badan idealnya. Permainan antara kamu dan kucingmu tidak hanya membantumu menghilangkan stress dan sebagai hiburan semata, tapi juga bisa mencegah masalah tingkah laku pada kucing yang muncul akibat kebosanan. Pada akhirnya, bermain merupakan cara yang baik untuk berinteraksi dan membentuk ikatan dengan kucingmu.

Lalu, apakah Cuma anak kucing yang perlu bermain? Tentu tidak, perilaku alami ini tidak akan berubah hanya karena ia bertambah tua. Kucingmu akan terus bermain hingga tubuhnya tidak kuat lagi. Kucing yang lebih dewasa memang tidak selincah anak kucing atau kucing yang lebih muda, namun mereka tetap akan bermain. Semakin bertambahnya umur, sepertinya kucing akan lebih tertarik dengan nyamannya dan kehangatan kursi di pojokan atau sekedar duduk diam dibandingkan bermain loncat-loncatan atau berlari-larian. Kadang kamu harus bekerja keras untuk membuat mereka tetap tertarik. Semakin bertambah usia, semakin keras usahanya. Coba bereksperimen dengan berbagai mainan yang mungkin ia masih sukai, namun jangan terlalu memaksa karena hasilnya malah akan tidak menyenangkan bagi kamu dan kucingmu.

Mainan seperti apa sih yang disukai kucing? Apa harus yang mahal?. Tentu tidak, karena apapun yang bisa menarik perhatian kucingmu tentu bisa dibuat sebagai mainan, asalkan aman untuk kamu dan dia ya. Kita tentunya bisa membuat sendiri mainan itu, dan menemukan bahan-bahan sederhana di sekitar kita. Beberapa hal yang amat disukai kucing antaranya, bermain bola. Kamu ga harus membeli bola khusus untuk kucingmu, kamu bisa membuatnya dari gumpalan-gumpalan kertas atau tissue dan melemparkannya ke udara atau sekedar menggelindingkannya ke arahnya. Nanti kucingmu yang akan memutuskan bagaimana permainan favoritnya, apakah bermain bola atau menggigit-gigitnya atau melepaskannya gumpalannya. Selain itu, kucing juga suka memainkan pantulan cahaya, gelembung, kardus, dan lain-lain. Bahkan untuk Momo, dia bisa bermain dengan daun yang dilemparkan ke atas, atau tulang daun yang digerak-gerakkan di depannya. 

Nah, semoga video ini bermanfaat ya sobat Momo. Silahkan komen di kolom komentar, mainan apa aja yang disukai sama kucingmu? kita ketemu lagi video selanjutnya ya. Bye.


Comments